Penyebab Perut Terasa Perih dan Panas

Penyebab Perut Terasa Perih dan Panas

Penyebab Perut Terasa Perih dan Panas, bagi anda yang mempunyai keluhan perut terasa perih dan panas, mungkin artikel ini bisa membantu anda. Sakit maag adalah salah satu penyakit yang jamak diderita masyarakat. Namun terkadang yang bersangkutan tidak sadar telah terserang sakit mag. Apa saja tanda-tanda sakit mag?

Dijelaskan dr T Bahdar Johan, SpPD dari RS Premier Bintaro, ada faktor defensif lambung dan meningkatnya faktor agresi yang bisa menyebabkan sakit mag. Yang dimaksud faktor defensif adalah faktor pelindung permukaan lambung dari HCl (asam hidroklorida). HCl adalah asam keras yang dihasilkan kelenjar kelenjar pada lambung. HCl berfungsi dalam pencernaan, sebagai rintangan terhadap kuman yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna.

“Dalam hal ini faktor pelindung adalah lapisan HCO3 yang dihasilkan oleh kelenjar lainnya dari lambung. Lapisan HCO3 ibarat tameng yang melindungi permukaan lambung dari HCl,” terang dr Bahdar dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (19/3/2014).

Sedangkan yang dimaksud dengan faktor agresi adalah faktor-faktor yang dapat merusak permukaan lambung, misalnya obat-obataan seperti aspirin, obat penghilang nyeri, dan lain-lain.

Sakit maag dibagi menjadi 3, yakni:

1. Sakit maag tipe dismotilitas. Gejala Sakit maag tipe dismotilitas adalah kembung, mual, perut begah, nyesek, kalau makan perut terasa cepat penuh, dan sendawa.

2. Sakit maag tipe like ulcer. Gejala Sakit maag tipe like ulcer yakni perut terasa perih, terasa terbakar, dan terasa dihisap.
3. Sakit maag tipe campuran. Gejala Sakit maag tipe campuran yaitu gejala sakit mag dismolitas dan tipe like ulcer dirasakan penderita.

Peningkatan asam lambung sendiri dapat menimbulkan sakit mag. Jika terjadi peningkatan asam lambung, berarti faktor agresinya meningkat. Peningkatan asam lambung ini terjadi akibat stres, mengasup obat-obatan yang menurunkan pH lambung (misalnya tetracyclin HCl ).

“Tetapi perlu diketahui, bila faktor defensifnya sangat baik, stresstidak akan menyebabkan sakit mag. Ini dibuktikan tidak semua orang yang mengalami stres, pasti menderita sakit mag,” ucap dr Bahdar.

Lalu apa beda mag dengan Gastro Esofagitis Reflux Disease (GERD). dr Bahdar memaparkan GERD yaitu satu penyakit radang dari esofagus akibat iritasi asam lambung yang reflux ke esofagus dari lambung. Di sini ada peranan dari kelemahan otot spincter antara distal esofagus dengan lambung.

Pada saat masuk makanan kelambung dan lambung menggiling makanan, spchinter tersebut harusnya menutup, supaya mencegah asam lambung dan makanan yang diolah tidak reflux ke atas, sehingga masuk ke esofagus. “Sedangkan sakit mag, radangnya sendiri di lambung ataupun usus 12 jari, tanpa melibatkan esofagus dan kelemahan otot spincter,” lanjut dr Bahdar.

Sumber :

Penyebab Perut Terasa Perih dan Panas

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Penyebab Penyakit dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s